HOT PROMO : 2 BOX (120 KAPSUL ) EPIMAS + BONUS 2 PAK (12 SACHET) TISSUE KHUSUS LELAKI UNTUK TAHAN LAMA, HANYA RP. 265.000. FAST ORDER SMS ke : 0858.8180.8108

Usia Ideal Memiliki Anak

Banyak perempuan yang bertanya kapan sebenarnya usia yang tepat atau ideal untuk memiliki anak. Karena perempuan akan dikejar oleh usia produktif dan usia rawan untuk hamil.

Umur merupakan faktor penting dalam menentukan waktu yang ideal untuk hamil. Tubuh perempuan akan mengalami perubahan sepanjang hidupnya, karena itu perempuan ingin memiliki anak pada usia yang ideal. Selain umur kondisi fisik juga menjadi faktor penentu, seorang wanita muda mungkin lebih berpengalaman dan mampu dalam membesarkan anak.

Secara fisik usia yang ideal untuk hamil adalah antara umur 18 sampai 20 tahun. Karena pada usia tersebut seorang perempuan kemungkinan sedikit mengalami komplikasi dan memiliki tubuh yang sehat dan subur, seperti dikutip dari eHow, Kamis (1/10/2009).


Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kesuburan seorang perempuan mulai menurun setelah berusia 20 tahun dan akan menurun dengan cepat setelah berusia 35 tahun. Karenanya pada usia tersebut dianggap ideal untuk memiliki anak.


Tapi ada faktor lain yang harus dipertimbangkan oleh perempuan. Anak merupakan investasi masa depan dan seharusnya perempuan yang ingin memiliki anak harus sudah siap secara finansial dan emosi. Harus dipertimbangkan pula apakah dapat memberikan anak kasih sayang sepenuhnya, kesehatan dan pendidikan yang baik serta apakah nantinya anak akan mempengaruhi karir serta ambisi sang ibu.

Sementara usia remaja lebih berisiko mengalami komplikasi pada kehamilannya, serta angka kematian bayi lebih tinggi terjadi pada remaja yang hamil. Remaja yang sudah menjadi ibu biasanya belum siap secara finansial dan emosi untuk memiliki anak.

Untuk perempuan yang berusia diatas 35 tahun secara fisik bukan usia yang ideal untuk memiliki anak. Karena pada usia tersebut produksi hormon progesteron sedikit, padahal hormon tersebut penting untuk membantu penanaman sel telur dalam lapisan rahim. Perempuan yang berusia 35 tahun ke atas kemungkinannya kecil untuk bisa hamil secara alami dan lebih berisiko mengalami keguguran.

Tentu saja hal terpenting yang harus dipikirkan dalam menentukan waktu untuk memiliki anak adalah kesiapan secara fisik, emosi dan keuangan. Karena mungkin saja hal tersebut terjadi di luar dari apa yang dianggap ideal.

(Vera Farah Bararah - detikHealth, Foto: open.salon.com)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...